Konstruksi Struktur Baja (steel structure construction)

Konstruksi Struktur Baja (steel structure construction)

Ketika mendengar tentang konstruksi baja, yang terbayang adalah gedung-gedung pencakar langit, pabrik-pabrik besar, atau jembatan. Ketahanan dan kekuatan baja memang tak perlu diragukan lagi. Konstruksi struktur baja berat  yang terkenal kokoh ini tidak hanya unggul pada kekuatan, tapi juga pada bobot dan instalasinya. Tak heran, konstruksi baja mampu membuat sebuah bangunan jadi lebih aman walaupun biaya fabrikasi dan instalasinya cukup tinggi, namun hal ini sebanding dengan beragam kelebihan yang dimiliki konstruksi baja. pada jaman sekarang dimana semua serba instan, material baja juga cocok untuk konstruksi hunian rumah tinggal.

kelebihan menggunakan konstruksi struktur baja berat :

  1. waktu pembuatan sebuah gedung dapat dipangkas secara signifikan terutama pada gedung gedung bertingkat karena baja tidak memerlukan waktu kering optimal seperti pada konstruksi beton, proses pekerjaan konstruksi struktur baja berat juga dapat dibagi menjadi 2 fasa yaitu fabrikasi dan instalasi, sehingga pada tahap pembuatan pondasi secara bersamaan fabrikasi struktur baja (kolom, ring balk, plat lantai) dapat dilakukan workshop diluar area pekerjaan.
  2. Beban mati (dead weight) pada konstruksi baja terbilang kecil, hal ini membuat baja mampu menopang dirinya sendiri pada bangunan yang tinggi atau luas. Selain itu, konstruksi baja bisa jadi solusi ketika ingin membangun sebuah rumah di atas tanah yang labil.
  3. kualitas konstruksi struktur baja dapat dikontrol dengan mudah karena material baja profil merupakan produk pabrik yang memiliki mutu terstandar. koneksi antar baja profil dapat menggunakan nut & bolt sehingga pengawasan ketika instalasi dapat dilakukan dengan mudah bagai merangkai LEGO.
  4. anda yang lebih mengutamakan kecepatan pembangunan sangat cocok menggunakan konstruksi struktur baja berat pada bangunan gedung bertingkat atau pada rumah hunian
  5. baja merupakan material yang memiliki daktilitas tinggi sehingga lebih elastis dan mampu menahan beban besar, Daktilitas adalah kemampuan suatu material untuk merenggang hingga akhirnya putus sehingga konstruksi baja, akan memberikan tanda-tanda pembengkokan ketika beban yang diampu terlalu berat sehingga memberikan waktu yang cukup untuk mengantisipasi keruntuhan. Menjadikan hunian lebih tahan terhadap guncangan seperti gempa.
  6. konstruksi struktur baja berat dapat dibongkar dan dipasang ditempat lain selain itu dapat didaur ulang sehingga lebih aman terhadap lingkungan sehingga dalam jangka waktu lama lebih aman terhadap biaya penyusutan.
  7. konstruksi struktur baja dapat meminimalisir ukuran kolom sehingga memberikan area tambahan didalam ruangan
  8. panjang bentangan antar kolom bisa dibuat semaksimal mungkin dengan ukuran kolom dan balok minimal
  9. dapat digabung dengan struktur beton sehingga membentuk struktur komposit, dengan kekuatan, kecepatan dan kualitas yang lebih dari keduanya.

Pemasangan konstruksi struktur baja berat membutuhkan tenaga ahli professional yang terlatih, disinilah WIPER siap memberikan jasa fabrikasi dan instalasi konstruksi struktur baja berat yang didukung oleh tenaga ahli yang professional dibidangnya, peralatan yang lengkap dan workshop yang memadai.

Material konstruksi struktur baja berat :

1. kolom dan balok menggunakan Baja Profil I (IWF) atau Baja profil H (H-beam)
2. plat dasar (base plate) menggunakan plat baja dengan ketebalan mulai 12mm
3. baut angkur (anchor bolt) dengan ukuran mulai 16mm x 500mm
4. stiffner menggunakan plat baja dengan ketebalan mulai 6mm
5. stud bolt untuk menahan beban geser plat (shear connector stud bolt) dengan ukuran mulai d8mm x 50mm
6. coating primer zinchromate
7. connection nut & bolt ukuran D 16mm s/d 22mm x 50mm